Hak berdasarkan hukum perlindungan data pribadi
"Data pribadi" adalah informasi yang mengidentifikasi Anda sebagai perseorangan/pribadi individual.
Berdasarkan pada yurisdiksi, Anda dapat diberikan hak-hak berikut:
- Hak atas permintaan akses subjek untuk mengetahui apa data pribadi yang kami miliki tentang Anda.
- Hak untuk mencegah pemrosesan data pribadi.
- Hak untuk memperbaiki, menghapus, atau membatasi pemrosesan data pribadi yang kami simpan.
- Hak untuk mencegah pemrosesan data untuk promosi secara langsung.
- Hak sehubungan dengan pengambilan keputusan secara otomatis - contohnya: setiap perorangan memiliki hak untuk menolak keputusan di mana tidak ada keterlibatan proses oleh manusia didalamnya.
- Hak untuk menerima data pribadi Anda atau meminta data untuk dikirim ke perangkat lain (hak portabilitas data).
car permintaan akses pribadi
Apakah itu "Permintaan Akses"?
Adalah hak individu untuk mendapatkan akses terkait setiap informasi tentang dirinya yang dimiliki oleh Behome. Dengan kata lain, adalah hak untuk memperoleh konfirmasi dari pemegang data, apakah data yang menyangkut pribadi Anda sedang diproses.
Bagaimana cara membuat permintaan akses?
Anda akan menemukan opsi ini di dalam Pengaturan Akun Anda. Opsi ini hanya akan tersedia setelah Anda login di situs kami.
Pilih opsi PERMINTAAN AKSES dan klik. Anda akan menerima konfirmasi.
Harap diingat bahwa informasi tersebut akan diberikan kepada Anda dalam waktu 30 hari sejak Anda mengajukan permintaan. Jangka waktu ini dapat diperpanjang dalam situasi tertentu, dan atau permintaan tertentu. Kami akan memberitahu Anda tentang proses perpanjangan tersebut dalam kurun waktu satu bulan sejak permintaan Anda kami terima.
Jika Behome membutuhkan lebih banyak informasi untuk membantu tim kami menemukan informasi Anda atau mengidentifikasi Anda, kami akan meminta kembali informasi yang kami butuhkan. Kami akan menunggu informasi tersebut sebelum memproses permintaan Anda.
Jika Anda memiliki kendala atau pertanyaan lain dalam proses ini, silakan Hubungi kami.
Apakah saya perlu memberi alasan untuk melihat informasi yang saya minta?
Tidak. Anda tidak perlu memberikan alasan mengapa Anda ingin melihat informasinya
Informasi apa saja yang berhak saya terima?
Anda berhak diberitahu jika ada informasi pribadi tentang Anda dan Anda akan menerima data sebagai berikut:
- Salinan informasi dalam bentuk permanen;
- Penjelasan tentang persyaratan teknis atau ketentuan yang lebih kompleks;
- Deskripsi dari informasi, alasan untuk memproses informasi dan dengan siapa saja Behome berbagi informasi (khususnya, penerima di negara pihak ketiga atau organisasi internasional);
- Jika memungkinkan, informasi perkiraan jangka waktu penyimpanan data pribadi, atau jika tidak memungkinkan, kriteria yang digunakan untuk menentukan jangka waktunya; dan
- logika dalam setiap proses otomatis (jika Anda secara khusus meminta).
Selain itu, Anda akan diberitahu tentang:
- Adanya hak untuk meminta dari Behome terkait (i) perbaikan atau penghapusan data pribadi Anda atau (ii) pembatasan kegiatan proses data pribadi Anda; atau (iii) keberatan dengan proses tersebut;
- Hak untuk mengajukan pengaduan kepada pihak pengawas yang memiliki kewenangan.
Apakah Behome dapat menahan atau tidak memberikan informasi?
Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengajukan permintaan atas nama orang lain. Hal ini biasa dilakukan seorang pengacara yang bertindak atas nama klien, atau bisa juga karena seseorang ingin orang lain mewakili mereka.
Dalam kasus ini, Behome perlu memastikan bahwa pihak ketiga yang mengajukan permintaan telah memiliki izin untuk bertindak atas nama mereka. Pihak ketiga harus memberikan bukti yang mana dapat berupa surat kuasa.
Bagaimana jika Behome menolak untuk menanggapi permintaan saya?
Itu seharusnya tidak terjadi! Namun, jika Behome tidak mematuhi permintaan yang sah yang telah Anda buat, Anda dapat mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas terkait. Sebelum melakukannya, Anda disarankan menghubungi kami untuk memastikan keadaannya.
Apakah ada biaya?
Tidak. Segala komunikasi dan tindakan apa pun yang diambil sebagai konsekuensi dari permintaan Anda akan diberikan secara gratis. Namun demikian, apabila ada permintaan yang tidak berdasar atau berlebihan, Behome akan berhak untuk:
- membebankan biaya dengan mempertimbangkan biaya administrasi dalam penyediaan informasi atau komunikasi, atau dalam mengambil tindakan yang diminta; atau
- Menolak untuk menindaklanjuti permintaan Anda.
cara menghapus data saya
Dapatkah informasi tentang saya dihapus?
Ya. Anda memiliki hak untuk penghapusan data pribadi Anda jika data tidak lagi diperlukan untuk tujuan aslinya dan tidak ada tujuan sah lainnya. Mengenai hal ini, Anda dapat meminta Behome untuk berhenti menggunakan informasi mengenai Anda dan menghapusnya.
Temukan opsi FORGET ME di dalam akun Anda dan klik. Anda akan menerima konfirmasi dari situs.
Mohon perhatikan, bahwa setelah Anda melakukan tindakan ini, Anda tidak akan dapat membatalkannya.
Harap diingat, data Anda akan dihapus dalam waktu 90 hari sejak Anda mengajukan permintaan.
Jangka waktu ini dapat diperpanjang untuk situasi tertentu dan/atau permintaan yang kompleks. Kami akan memberitahu Anda tentang perpanjangan tersebut dalam waktu satu bulan sejak diterimanya permintaan dari Anda.
Jika Behome membutuhkan lebih banyak informasi untuk membantu tim kami menemukan informasi Anda atau mengidentifikasi Anda, kami akan meminta kembali informasi yang kami butuhkan. Kami akan menunggu informasi tersebut sebelum memproses permintaan Anda.
Jika Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan selama prosesnya, silakan Hubungi kami.
Bisakah saya meminta pemblokiran data pribadi saya?
Ya. Anda memiliki hak untuk membatasi pemrosesan data pribadi Anda. Namun, mohon diingat bahwa berdasarkan GDPR (Regulasi Umum Perlindungan Data) ada beberapa pengecualian.
Bisakah saya mendapatkan kembali data saya atau meminta data itu dikirim ke pengontrol lain?
Ya. Anda memiliki hak untuk portabilitas data yang berarti bahwa Anda dapat menerima data pribadi Anda sendiri yang telah Anda berikan kepada Behome dalam format yang terstruktur, umum digunakan dan dapat dibaca di perangkat lainnya. Anda juga dapat meminta data Anda untuk dikirimkan ke organisasi lain jika memungkinkan secara teknis.
Bagaimana jika Behome menolak untuk menanggapi permintaan saya?
Itu seharusnya tidak terjadi! Namun, jika Behome tidak mematuhi permintaan yang sah yang telah Anda buat, Anda dapat mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas terkait. Sebelum melakukannya, Anda disarankan hubungi kami untuk memastikan keadaannya.
Apakah ada biaya?
Tidak. Segala komunikasi dan tindakan apa pun yang diambil sebagai konsekuensi dari permintaan Anda akan diberikan secara gratis. Namun demikian, apabila ada permintaan yang tidak berdasar atau berlebihan, Behome akan berhak untuk:
- membebankan biaya dengan mempertimbangkan biaya administrasi dalam penyediaan informasi atau komunikasi, atau dalam mengambil tindakan yang diminta; atau
- Menolak untuk menindaklanjuti permintaan Anda.