Pilih Mana, Kloset Duduk Atau Jongkok

Di posting 1 year ago oleh Muhammad Yuda Ansori pada kategori Perlengkapan Rumah

5 min read 9

Pilih Mana, Kloset Duduk Atau Jongkok

Kebanyakan orang kini membangun kamar mandi yang dilengkapi dengan kloset duduk, dengan alasan lebih bersih dan terlihat modern. Sangat berbeda dengan zaman dulu yang menggunakan kloset jongkok. Banyak orang yang menganggap kloset jongkok lebih baik untuk kesehatan pencernaan penggunanya, anggapan ini memang benar tetapi juga tidak sepenuhnya benar, karena cocok tidaknya kloset duduk atau jongkok tergantung penggunanya, Seperti contohnya orang yang memiliki masalah kesehatan pada kakinya lebih baik menggunakan kloset duduk.

Jika dilihat dari berbagai sisi, keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kloset duduk :

  • Kelebihan kloset duduk

Kloset duduk adalah toilet yang hadir di zaman modern dan dibuat untuk memudahkan penggunanya agar lebih praktis, kelebihan yang pertama adalah :

          1. Desain modern dan nyaman digunakan

Dari jenis-jenis desain kloset ini lebih diunggulkan dibanding kloset jongkok, sangat rekomen untuk anda pecinta gaya modern dan mengutamakan kenyamanan, kloset ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk dipasang ketoilet anda.

          2. Nyaman digunakan dalam kondisi tertentu

Kloset duduk sangat nyaman digunakan untuk orang-orang dengan kondisi tertentu, contohnya cocok untuk lansia atau wanita hamil besar yang membuatnya sulit untuk jongkok, kloset ini akan mempermudah orang yang memiliki masalah pada kakinya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Wastafel Mampet Paling Mudah Ditiru

  • Kekurangan kloset duduk

          1. Memicu wasir

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan atau medis bahwa menggunakan kloset duduk dapat memicu masalah kesehatan. Jika menggunakan kloset duduk akan membuat anda mengeluarkan tenaga extra saat buang air besar, jika dibandingkan dengan kloset jongkok. Menurut para medis terlalu keras mengejan dan duduk terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan, seperti contohnya wasir, wasir sendiri disebabkan oleh pembengkakan pembulu darah dianus serta rectum bawah yang meradang dan membengkak. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja meskipun umunya lebih orang dewasa yang berumur 50 tahunan.

          2, Dapat menyebabkan konstipasi

Konstipasi adalah kondisi buang air besar yang tidak rutin yang terjadi kurang dari tiga kali dalam seminggu, hal ini disebabkan ketika menggunakan kloset duduk sehingga membuat anus dan usus tidak berada dalam satu jalur lurus.

          3. Menyebabkan infeksi saluran kencing

Hal ini sama dengan buang air besar, buang air kecil juga bisa tertahan atau tidak keluar sepenuhnya jika dilakukan dalam posisi duduk. Hal ini yang menyebabkan infeksinya saluran kencing karena saluran kemih yang tidak bersih dari urin. Dengan begitu khusus wanita jika buang air kecil sebaiknya dilakukan dengan jongkok sehingga aliran urIn lebih kencang dan dapat dengan mudah dikeluarkan.

          4. Memicu gangguan usus besar

Usus besar anda tidak sehat jika sisa fases tidak keluar dengan sempurna dan akan tertimbun dalam kolon, hal ini disebabkan oleh posisi BAB yang tidak tepat. Sisa fases yang tertimbun akan menimbulkan banyak penyakit, salah satunya seperti kangker kolon dan usus bersar yang tidak dapat menyerap semua nutrisi makanan yang dikonsumsi.

          5. Harga yang mahal

Harga menjadi salah satu kekurangannya karena lebih mahal dari pada kloses jongkok, harga kloset duduk bisa mencapai Rp,1.000.000 hingga Rp, 2.000.000 tergantung desain, model san fitur apa saja yang ada.

BACA JUGA : 5 Keuntungan Menggunakan Pintu Sliding

  • Kelebihan kloset jongkok

Adapun kelebihan dan kekurangan dari kloset jongkok yang perlu anda ketahui sebelum membelinya.

          1. Harga yang murah

Dari segi harga kloset jongkok ini terbilang murah jika dibandingkan dengan kloset duduk. Kloset jongkok biasanya dibandrol dengan harga Rp. 300.000 wajar saja karena kloset jongkok memiliki model sederhana dan kuno, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan kloset duduk.

          2. Lebih bersih dan hegienis

Jika menggunakan kloset jongkok lebih higienis karena kulit kita tidak akan mengalami kontak fisik dengan kloset, berbeda dengan kloset duduk yang memerlukan kontak fisik dengan kloset, hal ini lah yang membuat penggunaan kloset jongkok lebih higienis.

          3. Disarankan oleh ahli kesehatan

Banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa menggunakan kloset jongkok lebih bagus dari pada kloset duduk. Mereka memaparkan jika penggunaan kloset jongkok jauh lebih sehat, misalnya membantu mempercepat dan memperlancar ketika melakukan BAB.Menggunakan kloset jongkok juga bisa melatih otot, kekuatan kaki dan melatih otot dasar panggul, inilah yang menyebabkan para ahli kesehatan menyarankan penggunaan kloset jongkok.

  • Kekurangan kloset jongkok  

          1. Memiliki desain sederhana dan kuno

Jika anda memiliki selera desain modern maka kloset ini bukanlah pilihan, desainnya terlalu sederhana dan kuno jika dibandingkan dengan kloset duduk.

          2. Kurang nyaman penggunaannya

Ketika anda BAB tidak sedikit orang yang merasakan nyeri pada paha dan tumit setelah menggunakan kloset jongkok, menggunakan kloset ini juga tidak akan nyaman dan cenderung dihindari jika anda blom terbiasa dan memiliki masalah pada pergelangan kaki serta berbagai masalah pada kaki anda.

BACA JUGA : Pentingnya Menjaga Kebersihan Sanitasi Air

Nah itu lah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kloset jongkok dan kloset duduk, dengan ini anda akan lebih bisa memilih mana yang cocok untuk keluarga anda.


wa-icon-behome-id